EARHERO – Kenyamanan dan keamanan mendengarkan musik

Mendengarkan musik di tepi jalan dengan menggunakan earphone kini mulai dilarang di beberapa negara, seperti Amerika. Larangan ini terkait banyaknya kecelakaan yang dialami para pejalan kaki. Tapi sekarang sepertinya larangan itu bisa mulai ditiadakan dengan kebereadaan EarHero.

Earphone konvensional sering menjadi penyebab si pengguna seperti “Terasing” dari dunia luar, karena suara-suara yang didengarnya hanya berasal dari alunan musik yang tengah didengarnya. Jadi, earphone membatasi kemampuan kita untuk mendengar suara kendaraan yang mendekat atau potensi bahaya lainnya,  saat misal menyeberangi jalan atau berkendaraan di jalanan yang ramai. Inilah yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Namun, keadaan ini bisa menjadi berbeda dengan hadirnya EarHero. Alat canggih ini memungkinkan kita untuk tetap asik mendengarkan musik tanpa perlu “terasing” dari suara-suara lain.

EarHero adalah sebuah sistem earphone  yang didesain untuk tidak menghalangi saluran pendengaran agar si penggunanya masih bisa mendengarkan apa saja yang terjadi disekitar mereka.

Didesain oleh audiolog Matt Murphy, EarHero menggabungkan dua speaker berukuran kecil, dan masing-masing bisa diselipkan ke dalam saluran telinga. Sebuah alat retensi direkatkan pada setiap speaker yang terdapat di dalam mangkuk earphone supaya posisinya tidak bergeser.

 

Karena speaker-nya berbentuk sangat kecil, alat ini tidak memenuhi seluruh lebar saluran telinga. Hal inilah yang memungkinkan suara-suara dari luar tetap bisa didengar. Dan karena tidak menutupi gendang telinga, EarHero dianggap bisa membantu mencegah kemungkinan kehilangan daya pendengaran yang seringkali dialami orang-orang yang selalu memakai earphone.

Keuntungan lainnya dari EarHero, suara musik yang sedang kita dengar juga memungkinkan untuk dinikmati orang lain di sekitar.

 

Alat canggih ini merupakan hasil dari tujuh tahun penelitian. Meski memakan waktu sangat lama, hasilnya sangat memuaskan karena selain jaminan kualitas suara, para pembuat EarHero juga menjamin alat ini tetap nyaman dan aman bila digunakan untuk waktu yang lama.

Saat ini sudah tersedia dua jenis EarHero, yakni EarHerosport dan EarHeropro yang bisa dipasang tanpa terlihat oleh orang lain, yang memang lebih ditujukan sebagai alat bantu keamanan. Mesi berbeda fungsi, kedua model ini dijual seharga USD149    (Rp.1,5 Juta)..

Posted on November 3, 2012, in Lifestyle, Teknologi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: