Minum Minyak Ikan Dua Kali Seminggu dapat Cegah Risiko Stroke

Sejak lama diketahui konsumsi ikan dapat membantu kecerdasan otak. Karena itu ikan sering juga dikonsumsi oleh anak-anak. Tidak hanya dagingnya, sebuah penelitian baru menemukan bahwa kandungan minyak dalam ikan juga bermanfaat lebih untuk kesehatan.

Seperti yang dilansir HuffingtonPost, minyak ikan diketahui dapat mencegah risiko terkena stroke. Suplemen alami ini dianjurkan untuk dikonsumsi dua kali dalam seminggu. Ikan yang banyak mengandung minyak adalah salmon, makarel dan trout.

Tim peneliti dari berbagai negara terlibat dalam penelitian Internasional ini, dan salah satunya adalah Dr. Rajiv Chowdhury dari India. Mereka meneliti hubungan antara minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dengan risiko stroke dan gejalanya.

Hampir sekitar 800.000 responden dari 15 negara terlibat dalam penelitian ini. Tiap harinya dikontol asupan pola makannya, terutama untuk konsumsi ikan. Jenis dan banyaknya ikan yang dikonsumsi juga diamati.

Hasilnya beberapa responden memiliki pola makan yang baik. Dan mereka makan ikan dua hingga empat porsi dalam seminggu. Dengan begitu risiko terkena strokepun menurun hingga 6%, dibandingkan dengan responden yang hanya makan satu porsi ikan dalam seminggu.

Minyak ikan sudah banyak tersedia dalam bentuk sirup atau kapsul. Atau bisa juga konsumsi langsung. Jenis ikan yang banyak mengandung minyak antara lain salmon, makarel, throut, sarden, tuna dan ikan teri.

Sumber

Posted on November 4, 2012, in Kesehatan, Tips, Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: