Aduh, Diego Michiels

Kelakuan seorang atlet di luar lapangan sangatlah penting. Sudah melanggar peraturan kamp yang melarang untuk keluar malam, ditambah dugem dan memukuli seorang mahasiswa. Berikut adalah berita dari salah satu surat kabar:

Polsek Tanah Abang menetapkan pemain tim nasional sepak bola U-23 Diego Michiels  resmi  menjadi tersangka penganiayaan terhadap mahasiswa asal Bogor, Jawa Barat, Meff Paripurna, dengan ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan  penjara.

“Sudah menjadi tersangka bersama tiga orang tersangka lainnya,” kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Metropolitan Tanah Abang, Kompol i Widarto di Jakarta, Jumat (9/11) malam.

Dia menjelaskan  penyidik telah mendapatkan alat bukti yang cukup untuk menetapkan Diego dan tiga orang temannya  sebagai tersangka, berdasarkan rekaman tersembunyi (CCTV),  keterangan saksi dah hasil visum.

Ketiga teman Diego yang turut menjadi tersangka adalah Temmen, Trikun dan Baenet Patallala.
Keempat tersangka dikenakan Pasal 351 ayat (1) KUHP tentang penganiayaan dan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan dengan ancaman penjara 2 tahun 8  bulan.
Berdasarkan Laporan Polisi No.: 336/A/XI/2012/Sek.Tro.TA, Meff melaporkan Diego Michiels melanggar Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan.
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto menjelaskan kronologis kejadian berawal ada dua kelompok yakni Meff dan Diego Michiels di Domain Club Senayan City, Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Kamis (8/11) pukul 02.30 WIB.
Salah satu teman Diego membawa minuman dan menyenggol kelompok korban, Seorang temannya Meff menegur kelompok pemain sepakbola kelahiran Belanda tersebut hingga terjadi keributan.
Selanjutnya, Meff menghampiri dengan maksud melerai, namun korban mendadak mendapatkan pukulan hingga luka memar pada dagu, mata kiri dan kanan, serta hidung.
Usai dianiaya, korban dibawa ke Rumah Sakit Medical Permata Hijau, guna mendapatkan perawatan terhadap lukanya.

Ketegasan PSSI teruji disini, apakah benar-benar tegas atau tidak. Seharusnya saat sudah menjadi tersangka, harus langsung dicoret, sekecil apapun kesalahannya. Berikut adalah beritanya:

Tindak pengeroyokan yang dilakukan pemain timnas Indonesia Diego Michiels terhadap seorang pengunjung cafe di bilangan Senayan, Jakarta mengundang anggota DPR untuk berkomentar.

Hukuman yang diberikan PSSI terhadap Diego dinilai Anggota Komisi X DPR Dedi Gumerlar terlalu ringan. Kekasih aktris Nikita Willy itu hanya dihukum dengan pemotongan uang saku senilai Rp 500.000.

“Sanksi itu kurang tegas dan tidak akan membuat jera pemain yang sering melakukan tindakan indisipliner. Jumlah itu ibaratnya sama seperti membayar ongkos taksi. Saya rasa sangat tidak cukup. PSSI seharusnya mengambil sanksi lebih tegas agar menimbulkan efek jera,” ujar anggota DPR yang akrab disapa Miing itu, Jumat (9/11/2012).

Miing yang tergabung dio Komisi X DPR yang bertugas menangani pendidikan dan olah raga berpendapat seharusnya perbuatan Diego dihukum dengan sanksi lebih tegas dengan mencoretnya dari skuad timnas.

“Insiden perkelahian yang diduga melibatkan Diego itu dapat merusak mentalitas dan moralitas para pemain lainnya,” tegas politisi dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Jika PSSI hanya memberikan sanksi ringan, kata Miing, tidak menutup kemungkinan akan ditiru dan pemain lain akan cenderung menyepelekan aturan yang sudah dibuat.

“Tidak menutup kemungkinan pemain lainnya akan ikut melakukan tindakan indisipliner, karena mereka tahu sanksi yang akan diberikan sangat ringan. Saya harap PSSI dapat mempertegas peraturan kepada para pemain timnas,” kata Miing menegaskan.

Posted on November 10, 2012, in Berita, Gila Bola and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: